Wednesday, March 09, 2005

TOEFL

Ya... sama seperti semua orang, kalo mau studi di luar kudu ujian kemampuan bahasa Inggris! Ada buanyak macamnya test itu, salah satunya TOEFL.
AKu kenal pertama kali tes ini pada waktu ujian masuk ke UKDW, salah satu alasan aku dipilih dari sekian calon adalah nilai toefl-ku terbaik, walo masih S1 [2 calon yang laen S2 bo']. Hihihi.... trus tes lagi pas mau diangkat jadi pegawai tetap! Trus nemenin cnuq ujian, dan terkahir nemenin Budsus ujian.

Saat ini aku sangat intensive belajar, sampe privat segala. Ibu guru-ku orangnya baik hati, mampu menjawab semua pertanyaanku, ketidak-mengertianku juga paham akan sifat bosan, malas dan cerobohku. hehehe... dia guru yang sempurna untuk orang se-bebal aku! Namanya Miss Veronica.

Setiap Selasa dan Rabu aku harus duduk di depan Miss Veronica dan bahan-bahan toefl selama 2 jam. Setiap 10 menit mengerjakan 10 hingga 15 soal. Tujuannya untuk menguji waktu dan membiasakan untuk cepat membaca, mendengar, menganalisa dan memutuskan jawaban yang tepat! Setiap kali pertemuan, aku langsung lemes. Capek bo' serasa mengikuti pertandingan catur manca-negara, berpikir sistematik, terarah, cepat dan tepat.

Banyak persiapan yang sudah kulakukan untuk mampu berbahasa inggris dan -terutama- TOEFL! Belajar di Sanata Dharma, selalu mendapatkan peringkat 3 terbaik. Ikut lomba menulis juga, dapat hadiah juara I, hehehehe.... Beli berbagai macam kamus -bajakan...stttt- pocket hingga yang tebalnya amit-amit. Nulis call for paper in English please. Speaking English with friends, expecially CNUQ... menyenangkan deh!

Tapi hingga sekarang kok ya masih kurang percaya diri, masih suka ragu-ragu, terperdaya oleh TOEFL. Soal ujian yang paling licik itu Toefl -menurutku-.

Atau, ada yang punya saran? Please...please...I need help

No comments: