Friday, July 09, 2004

OMERTA

Ada novel adikku yang tertinggal, sampulnya biru, judulnya tidak terlihat karna nama pengarangnya dicetak lebih besar.
Pengarangnya Mario Puzo [mudah-mudahan bener susunan hurupnya].
Judulnya OMERTA.

OMERTA
Omerta adalah sumpah para mafia untuk menyimpan rahasia. Tidak membocorkan informasi apapun kepada siapapun yang bukan anggotanya.
Menjaga rahasia sudah menjadi kwajiban dan tugas mulia yang dipercayaan kepada anggota mafia, yang dikenal dengan MAFIOSO. Klan sebuah mafioso bisanya akan berhubungan dengan klan yang lain. Biasanya berupa kerjasama yang berkaitan dengan hubungan emosional. Misalnya teman masa kecil, merintis karir bersama-sama. Keeratan hubugan yang itu tidak akan lekang oleh waktu, uang dan hukum. Hanya perempuan yang bisa mengacaukannya.
=P.
Jika ada klan mafioso yang dianggap penghianat dan tudak menjaga Omerta, seperti melapor ke FBI,CIA dll, maka akan terjalin hubungan emosional yang bermusuhan. Saling menunggu untuk menjatuhkan lawan.
Omerta merupakan jaminan pembeda antara klan mafioso kelas satu dan kelas dua.

DON
DON adalah sebutan untuk pemimpin sebuah klan mafioso. Dia adalah seorang yang ditakdirkan untuk memimpin, sejak kecil sudah memiliki ciri dan karakter yang kuat dan jelas. Itu namanya KARUNIA. Tidak bisa mengelak!!
Ciri-cirinya bisa dilihat dari cara analisis terhadap lingkungan, mengajukan pendapat pada orang dewasa, cara memandang: Tatapan tajam dan tenang, mampu mengajukan permohonan dan alasan yang diterima orang dewasa. [ini kesimpulan setelah membaca novelnya].
Maka jika sesorang memiliki ciri tersebut, dari kecil dia sudah disiapkan menjadi seorang DON. Diajarkan menjadi 'pengawal' agar mampu mengawal diri sendiri, diajarkan menjadi 'pengintai' supaya tahu bau bahaya, diajarkan 'bernegosiasi' supaya menjadi decision maker. Pengalaman itu akan membuat mereka lebih memilih martabat dari pada uang dan itulah DON kelas satu.
DON diletakkan diakhir nama, misalnya nama aslinya JOKO SURONO [persamaan nama hanya kebetulan blaka, Maap], maka dipanggilnya DON SURONO....

KEKUASAAN
Kekuasaan klan mafioso dan DONnya tidak berasal dari rasa takut, tapi rasa segan. Sebab takut itu hanya untuk pencundang. Kehadiran seorang DON dan Klannya tidak membuat orang bersembunyi dan masuk rumah, tapi dielu-elukan. Sangat dermawan bagi rakyat yang menyeganinya.
Sehingga jangan pernah berbuat salah, itu yang akan menyebabkan ketakutan jika bertemu dengan mafioso.
Mengapa, karena bagi mereka tidak ada 'pengampunan'. Yang ada adalah 'membayar' melunasi utang perbuatan. Menurut mereka pengampunan adalah urusan Tuhan, dan jangan turut campur!!

PEREMPUAN
Adalah hal yang paling dijaga seorang DON, akan memperlakukan mereka dengan 'baik'. Jika seorang perenpuan di puja oleh seorang mafioso, maka ada ada hujan hadiah. Tidak akan berhenti. Namun jika perempuan itu berkhianat, akan ada hujan darah, yang tidak akan hentinya. Perempuan adalah faktor yang dapat melemahkan atau menguatkan kedudukan seorang DON dan Anggotanya.
Perempuan apa yang disebut cocok dengan mafioso?
dia adalah perempuan yang mampu menganalisa kapan harus 'manja', pada siapa bersikap 'tegas', dimana bisa melancarkan 'godaan' dan 'diam' pada keemasan waktu.

Alur cerita OMERTA sama saja seperti novel lainnya. Alurnya cepat, tidak bertele-tele, namun deskripsi setiap kejadian sangat mudah dibayangkan dengan pilihan bahasa yang mudah dicerna.
Yang menarik adalah ada pembedaan Mafioso SISILIA [yang dikategorikan oleh novel sebagai kelas satu] dan Mafioso Amerika [yang menjadi kelas dua].
Mengapa? Pada ceritanya terlihat bahwa Mafia Sisilia akan lebih tenang dan setia pada Omerta, sedangkan Mafia Amerika suka tergesa-gesa, sangat instant dan gemar melakukan skandal.
Kesimpulan dangkal memang, tapi dalam kemasan cerita OMERTA, dapat menjadi nilai yang mampu membuat mata melek semalaman.

1 comment:

apit trimardiyan said...

great to find in this site and please visit back to ST3 TELKOM